Universitas Teknologi Yogyakarta / UTY

PENERIMAAN MAHASISWA BARU T.A. 2010/2011
PROGRAM PMDK (PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN) KHUSUS


A. PENGERTIAN

Program PMDK-KHUSUS adalah salah satu program penerimaan mahasiswa baru di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang dimaksudkan untuk mempermudah proses masuk UTY bagi lulusan SMA/SMK/MA dari daerah Luar Jawa. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dalam program PMDK-KHUSUS didasarkan atas nilai rata-rata Ujian Akhir nasional 2009 atau 2010 sehingga tidak perlu datang ke UTY untuk menjalani tes seleksi.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Program PMDK-KHUSUS ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi siswa SMA/SMK/MA dari daerah Luar Jawa yang ingin melanjutkan kuliah di UTY dengan tetap memperhatikan faktor kualitas akademik dan prestasi lain yang dimiliki siswa. Yang dimaksud kemudahan disini adalah proses administrasi untuk masuk UTY dapat dilakukan tanpa harus datang ke UTY sehingga menghemat biaya untuk transportasi.

Program khusus ini dibuka mengingat perkuliahan Mahasiswa baru UTY T.A. 2010/2011 dimulai setelah lebaran. Dengan program ini diharapkan pendaftar dari Luar Jawa tidak perlu menghabiskan dana untuk bolak-balik ke Yogyakarta.

C. MANFAAT DAN FASILITAS

Fasilitas bagi siswa yang mendaftar melalui program PMDK:

  • Siswa tidak perlu datang untuk menjalani tes di kampus UTY.
  • Seleksi didasarkan atas nilai Ujian Nasional (UAN) tahun 2009 atau 2010 serta jika ada, prestasi (akademik, olahraga atau seni) yang dimiliki siswa.
  • Siswa yang diterima di UTY berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan berupa keringanan uang Sumbangan Pengembangan Akademik. Besarnya keringanan didasarkan pada nilai rata-rata UAN dan prestasi siswa.

D. KETENTUAN

Siswa yang mendaftar melalui program PMDK harus memenuhi syarat-syarat:

  • Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2009 atau 2010
  • Nilai rata-rata UAN minimum 7,00

E. PENDAFTARAN

Tahap Pendaftaran

  • Pendaftar melakukan transfer uang pendaftaran sebesar Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bank Mandiri, dengan no. rek. 137.000.63.02.64.6 atas nama Dra. Hj. Puji Astuti, MM
  • Transfer dapat dilakukan melalui loket Bank Mandiri atau ATM
  • Simpan bukti transfer.
  • Masuk ke website lagi untuk mengisikan data formulir pendaftaran online.
  • Catat dan simpan nomor pin. Nomor pin tersebut akan diperlukan untuk melihat pengumuman hasil seleksi
  • Mengirimkan berkas-berkas berupa :
    • 2 lembar photocopy ijazah SMA/SMK/MA yang disahkan oleh sekolah (legalisir)
    • Surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bserngkutan berkepribadian baik, tidak bermasalah di sekolah dan punya motivasi tinggi untuk studi.
    • 2 lembar foto 3×4 hitam putih
    • fotocopy bukti transfer / pembayaran uang pendaftaran

Berkas-berkas tersebut dikirimkan melali pos, ditujukan ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, d/a Kampus Pusat UTY, JL. Ringroad Utara, Jombor, Yogyakarta 55285

F. PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE

  1. Pengisian data pada formulir pendaftaran online harus lengkap untuk memudahkan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UTY dalam melakukan proses seleksi.
  2. Data bukti transfer harus sesuai. Jika pendaftar belum melakukan transfer atau megisikan data transfer yang tidak sesuai maka data pendaftar tidak akan diproses
  3. Jika formulir pendaftaran online telah diisi dengan lengkap dan benar, klik “Lanjutkan Proses � Dan tunggu beberapa saat sampai muncul pesan status pendaftaran.

G. PENGUMUMAN HASIL

  • Media

Hasil seleksi akan diumumkan melalui website UTY (www.uty.ac.id) dan surat. Pendaftar harus mengisi alamat yang lengkap dan terjangkau pos.

  • Waktu pengumuman

Hasil seleksi diumumkan 4 hari setelah berkas-berkas pendaftaran diterima oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UTY.

Sebagai contoh :

  • 28 Juni 2010 : seorang pendaftar membayar pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran On-Line
  • 29 Juni 2010 : pendaftar tersebut mengirimkan berkas-berkas melalui pos
  • 4 Juli 2010 : berkas diterima Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UTY
  • 8 Juli 2010 : pengumuman melalui website UTY dan dikirimkan surat pengumuman resmi. Waktu pengiriman surat terhantung alamat pendaftar

Jika saudara telah memahami ketentuan tersebut silahkan klik “Saya sudah memahami, Lanjutkan mengisi formulir pendaftaran� untuk pengisian formulir pendaftaran. JANGAN LUPA melakukan transfer uang pendaftaran terlebih dahulu agar data pendaftar bisa diproses oleh panitia.

Untuk pertanyaan-pertanyaan tentang Penerimaan Mahasiswa Baru, saudara bisa kirim e-mail ke infopmb@staff.uty.ac.id.

Sumber : http://www.uty.ac.id/pmdk-uan/prelude.php

2 responses to this post.

  1. Posted by M.Zahrudin Busthomi on 02/05/2011 at 10:41 am

    Asslmu ‘alaikum,,

    saya M.Zahrudin Busthomi ,alhmdulillah ditrima di UTY jalur pmdk,progdi fst_arsitektur,akan tetapi surat pemberitahuan penerimaan belum sampai ke sekolah saya,sehingga tidak tahu mengenai biaya,waktu pembayaran,dan tata cara pembayaran administrasi ke UTY,

    terima kasih

    Balas

  2. Posted by Irawati Widyaningrum on 15/06/2011 at 2:10 pm

    Ass…

    saya Irawati Widyaningrum,alhmdulillah ditrima di UTY jalur pmdk,progdi fe_manajemen,akan tetapi surat pemberitahuan penerimaan belum sampai ke rumah saya,sehingga saya tidak tahu mengenai biaya,waktu pembayaran,dan tata cara pembayaran administrasi ke UTY.Saya tunggu info selanjutnya.

    Wss…

    Balas

    Balas

Tinggalkan komentar