Solusi Error Setting Permalink

Sebagai lanjutan dari posting Cara Setting Permalink WordPress, panduan wordpress kali ini adalah tentang Solusi Error Setting Permalink.

Idealnya saat anda melakukan setting permalink wordpress, permalink blog anda bisa di ubah. Namun, terkadang terjadi sesuatu yang kurang nyaman yaitu setting yang anda lakukan tidak bisa di Save dan muncul peringatan error akan hal tersebut, atau postingan lama menjadi tidak bisa dibuka (error). Lalu, apakah ada solusi untuk mengatasi error save permalink tersebut? mari kita ulas.

Umumnya, Save settings permalink error karena tidak adanya kode wordpress rewrite pada file .htaccess . Berikut kode wordpress rewrite yang dimaksud :

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

Atau mungkin blog anda justru tidak memiliki file .htaccess? jika kasusnya demikian, anda harus mengupload file .htaccess secara manual ke blog anda.

Langkah pertama, buka program notepad atau sejenisnya yang ada di komputer anda, kemudian copy paste kode wordpress rewrite seperti yang di informasikan diatas. Simpan file tersebut dengan nama file htaccess.txt . Kenapa tidak langsung save dengan nama file .htaccess? umumnya  kita tidak bisa mengupload secara langsung file .htaccess ke hosting, oleh karenanya cara yang ditempuh adalah dengan mengupload file htaccess.txt terlebih dahulu, lalu nanti anda bisa mengubah (rename) file tersebut menjadi .htaccess

file htaccess

Langkah kedua adalah mengupload file tersebut ke blog anda. Letak penyimpanan .htaccess adalah harus satu folder dengan file index.php wordpress.

Ada banyak cara untuk mengupload file ke hosting, bisa menggunakan file manager yang ada Cpanel atau menggunakan ftp. Namun, dalam kesempatan ini, cara yang dicontohkan adalah dengan menggunakan File manager yang ada di CPanel.

Upload File .htaccess

Berikut adalah cara mengupload file .htaccess :

  1. Silahkan login ke CPanel hosting anda.
  2. Carilah icon File Manager, lalu klik pada icon tersebut.
    file manager
  3. Akan muncul opsi, Sebaiknya pilih Document Root for untuk domain yang akan di tuju. Juga pilih Show hidden file (dotfiles). Kemudian klik tomol Go.
    file manager directory selection
  4. Alihkan perhatian ke bagian atas monitor anda, klik pada icon Upload.
    upload
  5. Akan muncul halaman untuk upload file. Klik pada tombol Browse.. lalu pilih file htaccess.txt yang tadi dibuat. Jika proses upload selesai, silahkan kembali ke file manager yang tadi dengan klik link Back to/home/userID_anda/public_html/…
    upload files
  6. Klik kanan pada file htaccess.txt yang barusan di upload, akan keluar opsi, kemudian pilih Rename.
    rename htaccess
  7. Akan keluar jendela baru untuk mengubah nama file. Ubahlah htaccess.txt menjadi .htaccess (dothtaccess). Akhiri dengan klik tombol Rename File.
    rename file htaccess
  8. Selesai.

Sekarang silahkan coba untuk mengupdate permalink anda, seharusnya setting permalink tersebut tidak akan terjadi error lagi.

 

 

Sumber : http://idtutorial.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s