Mengenal Post Editor WordPress

Lebih jauh dengan WordPress, panduan kali ini adalah tentang mengenal post editor wordpress. Apa itu post editor wordpress? simak ulasan lengkapnya.

Post editor wordpress adalah tool untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan artikel atau posting, pengaturan tersebut meliputi tata letak artikel seperti rata kiri, rata kanan , gaya penulisan yang tercetak tebal, miring, garis bawah, warna tulisan dan lain sebagainya. Penguasaan terhadap post editor tentunya akan menghasilkan tampilan artikel yang berkualitas, enak di baca dan nyaman untuk dilihat.

Mengenal post editor wordpress

Pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, oleh karena karenanya mari kenali post editor yang nantinya akan selalu kita temui apabila membuat artikel.

Untuk menuju post editor, alihkan perhatian ke sebelah kiri monitor. Klik pada menu Posts, lalu pilih sub menu Add New

add new post wordpress

Selanjutnya anda akan melihat tampilan post editor wordpress seperti berikut :

post editor wordpress

Berikut adalah ulasan tentang post editor :

Post Title

Ini adalah form untuk memasukkan judul post. Anda dapat menggunakan beberapa kata atau atau prase. Usahakan agar judul post nantinya jangan pernah sama dengan posting-posting sebelumnya karena akan bermasalah, baik dari segi alamat post (URL) serta duplikasi title yang kurang baik terhadap Search Engine. Selain itu, andapun bisa memasukan tanda koma, titik, titik dua, kutif dua, kutif satu, serta symbol tulisan yang lainnya misal : aku adalah “Binatang Jalang”. Namun, nantinya pada alamat post, tanda-tanda tersebut secara otomatis dibersihkan, ini yang disebut dengan post-slug.

Upload/Insert

upload atau insert file

Ini adalah fasilitas untuk upload ( unggah ) atau Insert ( memasukkan berkas ). Berkas yang bisa di unggah meliputi gambar, video, musik, serta berkas yang lainnya.

Post Editor Toolbar

post editor toolbar

Ini adalah tool (peralatan) untuk kepentingan mengedit artikel, misal seperti untuk cetak tebal, miring, kutif, warna huruf, rata kiri, rata kanan dan lain sebagainya.Untuk fungsi dari masing-masing tool akan di ulas lebih lengkap pada posting selanjutnya.

Visual / HTML

visual HTML

Ini adalah mode editor yang bisa anda pilih, apakah mode Visual atau HTML. Mode visual seringkali disebut sebagai Rich Editor atau WYSIWYG ( What You See Is What You Get ), mode visual memudahkan mereka yang tidak mempunyai basic pengetahuan tentang bahasa pemrograman web seperti pemrograman HTML dan lain-lain. Mode HTML adalah mode dalam bentuk HTML, ini untuk mereka yang sudah mengerti akan HTML, mungkin bagi yang awam mode ini terkesan sangat ribet, namun bagi mereka yang sudah mengerti HTML terkadang mode ini lebih leluasa dibanding dengan mode visual karena fungsi-fungsi HTML tertentu tidak bisa bisa di masukkan ke dalam mode visual.

Post Editing Area

area post editor

Sebuah form kosong sebagai tempat untuk memasukkan artikel, link, gambar serta informasi lainnya agar nanti bisa tampil pada blog / website anda.

Publish Box

publish box Dalam kotak ini terdapat banyak banyak tombol yang mempunyai fungsi yang berbeda. Save Draft adalah tombol untuk menyimpan posting anda dalam daftar draft, ini berguna apabila anda masih belum menginginkan mempublikasikan artikel. Preview adalah tombol yang berguna untuk melihat tampilan artikel anda sebelum benar-benar di publikasikan, tampilan hasil preview merupakan contoh saja dan hanya anda yang dapat melihatnya, ini sangat berguna untuk mengecek kesempurnaan artikel apakah sudah layak untuk di publikasikan atau belum. Move to Trash adalah link untuk membuang artikel yang anda edit ke dalam keranjang sampah blog, hal ini berguna apabila anda ingin menghapus artikel yang telah anda edit namun ternyata urung untuk mempublikasikannya. Publish adalah tombol untuk mempublikasikan artikel anda ke blog, lakukan ini apabila anda benar-benar yakin bahwa artikel anda telah layak untuk di publikasikan, karena apabila telah dipublikasikan, artikel anda sudah dapat dibaca oleh publik, serta di index oleh berbagai mesin pencari.

Categories

categories box

Ini adalah fasilitas untuk mengkategorikan atau mengelompokan artikel. Dengan fasilitas ini maka artikel mudah untuk di temukan, misal kategori berita, ekonomi, politik, bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk membuat kategori, anda bisa memilih yang telah ada atau membuat kategori baru.

Post Tags

post tags

Ini fungsi nya hampir mirip dengan kategori, yaitu untuk mengelompokan artikel, namun tags biasanya lebih luwes dibanding kategori. Jika kategori dirasa sangat spesifik dalam pengelompokan, tags umumnya lebih bebas dengan menggunakan kata kunci yang lebih panjang.

Excerp

excerp

Sebuah ringkasan singkat dari sebuah artikel atau posting untuk di tampilakn pada halaman depan. Namun ini untuk theme-theme tertentu yang telah di design khusus agar bisa menampilkan ringkasan di halaman depan.

Send Trackbacks

send trackbacks

Untuk mengirimkan infomasi ke blog lain bahwa anda terhubung dengan mereka, jika blog tersebut sama-sama menggunakan wordpress, maka akan secara otomatis membuat pinkbacks.

Custom Fields

custom fields

Custom field memungkinkan untuk menampilkan informasi ke blog lain dari biasanya, namun untuk ini diperlukan suatu pengkodean khusus pada theme yang digunakan atau menggunakan plugin tertentu.

Discussion

discussion

Discussion adalah untuk mengatur apakah artikel yang sedang anda tulis bisa di komentari oleh pengunjung atau tidak, serta membolehkan adanya trackbacks dari blog lain atau tidak? ceklis berarti boleh tidak diceklis berarti tisak boleh.

Author

author

Ini untuk memilih siapa author dari artikel yang akan di publikasikan. Terkadang, satu blog bisa memiliki lebih dari satu author, nah disinilah tempat untuk menentukan nama author.

Tambahan

Karena mode editor terdapat dua pilihan yaitu Visual Editor dan HTMl Editor, sepertinya ini perlu pembahasan masing-masing agar lebih terperinci, oleh karena itu pembahasan yang lebih rinci akan di publikasikan pada posting berikutnya. Jadi jangan lewatkan.

Selamat belajar :)

 

Sumber : http://idtutorial.com/

One response to this post.

  1. tampilan post saia gak ada visual sama htmlnya kenapa yaa??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s