Cara Membuat Kategori Di WordPress

Cara membuat kategori di wordpress adalah pilihan Tutorial wordpress untuk posting ini. Apa itu kategori? Kategori pada wordpress adalah pengelompokan artikel atau posting berdasarkan nama kategori itu sendiri.

Dengan adanya kategori maka pencarian akan artikel tertentu dapat lebih mudah, misal posting anda akan di kategorikan sebagai kategori berita, politik, ekonomi, entertainment , dan lain sebagainya.

Untuk membuat kategori post ada dua cara, yaitu melalui Categories yang ada pada menu Posts, yang kedua adalah melalui menu Categories ketika anda melakukan posting artikel.

Daalam kategori ada istilah Parent Category ( kategori induk/kategori utama ) ada juga yang dinamakan Child Category ( kategori anak /kategori cabang). Parent Category / kategori induk atau kategori utama adalah kategori yang berdiri sendiri, contoh kategori induk seperti : Olah raga. Child Kategori / kategori anak atau kategori cabang adalah merupakan bagian dari kategori induk. Misal apabila kategori induk adalah Olah raga, maka kategori anak atau kategori cabangnya bisa Sepak bola, Bulu tangkis, Moto JP, Tinju, Basket dan lain sebagainya.

Cara membuat kategori

Membuat kategori, Cara #1 :

  1. Alihkan perhatian ke sebelah kiri atas monitor, klik pada menu Posts, lalu klik sub menu Categories.
    wordpress kategori
  2. Masukan nama kategori yang diinginkan pada form Name, misal : Olah Raga
    nama kategori
  3. Untuk from slug bisa anda isi atau bisa juga di kosongkan. Ini adalah nama untuk alamat yang muncul pada address. Apabila dikosongkan maka category-slug ( nama untuk alamat kategori ) akan secara otomatis menggunakan nama kategori tersebut, Jika nama Kategorinya adalah Olah Raga, maka category-slug akan otomais menjadi olah-raga. Misalkan, untuk kategory Olah Raga, alamat yang muncul nantinya jadi seperti berikut : http://idtutorial.com/category/olah-raga/  , Apabila anda menginginkan category-slug yang lain, anda bisa mengisi form Slug dengan nama yang di inginkan, misal nama kategori nya adalah Olah Raga namun slug nya adalah sport, maka contoh alamatnya menjadi : http://idtutorial.com/category/sport/ category slug
  4. Untuk Parent, disana terdapat menu drop down untuk bisa anda pilih. Apabila kategori yang sedang anda buat adalah kategori induk, maka pilih None. Apabila kategori yang sedang anda buat adalah kategori cabang, maka pilihlah kategori induk nya, namun untuk membuat sebuah kategori cabang sebelumnya anda harus terlebih dahulu membuat kategori induk.
    kategori utama
  5. Untuk form deskripsi bisa anda isi atau kosongkan. Deskripsi dari sebuah kategori hanya muncul pada theme-theme tertentu saja.
  6. Apabila sudah yakin, klik tombol Add New Category.
  7. Selesai.

Membuat kategori, Cara #2 :

  1. Diasumsikan bahwa anda sedang membuat sebuah posting.
  2. Alihkan perhatian pada sebelah kanan monitor, disana terdapat menu Categories.
  3. Klik tulisan Add New Category. Isi form yang ada dengan nama kategori, jika ingin membuat kategori anak, maka pilih kategori induknya. Akhiri dengan klik tombol Add New Category. membuat kategori
  4. Selesai.

Tambahan

Buatlah nama kategori yang informatif  demi memudahkan pengunjung blog anda untuk membaca artikel yang mereka ingin baca. Pengkategorian atau pengelompokan artikel bisa sebagai salah satu cara agar pengunjung blog anda nyaman dan betah untuk berlama-lama pada blog anda.

 

 

Sumber : http://idtutorial.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s