Menginstall Lan Dengan Bluetooth

Berkembangnya teknologi jaringan komunikasi, untuk membuat jaringan LAN kita tidak harus menggunakan kabel UTP, dimana dengan menggunakan kabel UTP jaringan kita tetap, tidak dapat mobile, serta memakan tempat serta banyak peratan, juga maintenacenya sangat merepotkan.

Bluetooth adalah sebuah alat yang menggunakan teknologi Wave Lan (Jaringan Lan secara Gelombang Signal) yang bekerja pada 24 GHz. Bluetooth memiliki jangkauan antara 10 sampai 100 meter dan dapat menembus pembatas ruangan seperti tembok dan kaca. Sehingga dengan melihat karakteristiknya ini Bluetooth sangat baik bila di buat menjadi perangkat LAN

Karakteristik Bluetooth (10meter)

Parameter Spesifikasi
Frekuensi ISM band, 2400 – 2483.5 MHz (mayoritas), untuk beberapa negara mempunyai batasan frekuensi sendiri, spasi kanal 1 MHz.

Maximum Output Power : Power class 1 : 100 mW (20 dBm)Power class 2 : 2.5 mW (4 dBm)Power class 3 : 1 mW (0 dBm)

Modulasi GFSK (Gaussian Frequency Shift Keying), Bandwidth Time : 0,5; Modulation Index : 0.28 sampai dengan 0.35.

Out of band Spurious Emission 30 MHz – 1 GHz : -36 dBm (operation mode), -57 dBm (idle mode)1 GHz – 12.75 GHz: -30 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)1.8 GHz – 1.9 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)5.15 GHz –5.3 GHz: -47 dBm (operation mode), -47 dBm (idle mode)
Actual Sensitivity Level -70 dBm pada BER 0,1%

Spurious Emission 30 MHz – 1 GHz : -57 dBm1 GHz

Lihat Gambar Bluetooth di bawah ini

Kecepatan transfer data yang didapat dengan menggunakan bluetooth bisa mencapai 723 kbps ACL; 64 b/s SCO Tetapi jika jaraknya semakin jauh, maka semakin berkurang jugalah kecepatan transfer data.

Seperti menginstal jaringan LAN dengan kabel , kita pun perlu menggunakan Access Point (Router) untuk menghubungkan PC/laptop yang sudah terkoneksi dengan Bluetooth ke jaringan Internet


Untuk Installasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasangkan Bluetooth USB ke setiap komputer/laptop yang akan dihubungkan dan juga pasangkan Bluetooth Access Point (letaknya bebas), setelah itu konfigurasikan TCP/IP nya seperti halnya konfigurasi NIC, dan jadilah PC/Laptop Anda bias saling berinteraksi dengan PC/Laptop rekan Anda, baik untuk bertukar file/data bahkan bila Access Point dihubungkan ke Internet, maka laptop/pc Anda pun bisa berinternet, dimanapun, tidak terbatas oleh tembok dan panjangnya kabel UTP lagi, asal dalam jarak jangkauan bluetooth.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s