Manfaat dan Dampak yang diakibatkan Hosting share file Gratis

Seperti kita ketahui di media internet kita dapat menyimpan dan sharing file sperti aplikasi program, foto, video, musik dll kepada orang-orang. biasanya hosting ini digunakan oleh bloger untuk menyimpan filenya agar dapat dishare kepada pengunjung blognya.

Ada beberapa keuntungan Menggunakan Hosting Gratis

Keuntungan Bagi para websiter dan Bloger

Hosting gratis ini sangat bermanfaat sekali bagi para bloger, dimana mereka dapat menyimpan file dan data mereka pada hosting tersebut dan membuat link download pada blog mereka, sehingga dapat menarik pengunjung untuk berkunjung ke blog mereka.

  1. Dapat menyimpan file yang di upload ke hosting tersebut dan mendapat alamat link untuk dibuat di website atau blog.
  2. Hanya dengan menggunakan email gratisan seperti, gmail, yahoomail ymail, msn dll setiap Websiter dan bloger dapat mendaftar ke hosting gratis.
  3. Setiap orang diberikan ruang penyimpanan berfariasi sembesar antara 10 s/d 20 Gb, malah ada yang unlimited seperti Ziddu
  4. Selain dapat menyimpan file untuk sharing, ada juga hosting yang akan membayar sekitar 1 US% untuk 1000 x pengunjung mendownload file di hosting tersebut.

Manfaat bagi Pengguna Komputer

Para pengguna komputer juga mendapatkan keuntungan dari hosting gratis ini, dimana mereka mengunjugi sebuah blog dan mereka dapat mendownload file yang mereka inginkan tanpa harus membayar apapun alias gratis.

Dampak yang diakibatkan Hosting Gratis

Akan tetapi selain keuntungan yang kita peroleh dari hosting gratis tersebut, ada sisi buruk atau akibat dari hosting gratis tersebut, dimana setiap orang dapat menyimpan filenya pada hosting mereka, dan pihak hosting tidak bertanggung jawab terhadap file yang disimpan tersebut. Dampak dari hosting sharing file gratis ini terasa di berbagai bidang, antara lain :

1. Bidang Seni :

  • Banyaknya karya musik, lagu, video yang di upload untuk dapat di download orang melalui situs sharing file, mengakibatkan pelanggran hak cipta.
  • Sebaliknya para pengarang lagu ataupun distributor musik dan penyanyi tidak dapat berbuat banyak untuk mengajukan tuntutan, karena hosting tidak bertanggung jawab atas file yang di upload tersebut, sementara yang meng upload tersebut menyamarkan identitasnya sehingga sulit untuk di tuntut.
  • Banyaknya video/photo porno yang dapat di upload di hosting, yang dapat membuat kerusakan moral. dan sepertihalnya pembajakan, ini juga sangat susha untuk di lacak, paling-paling pihak hukum meminta hosting tersebut untuk menghapus file tersebut tanpa dapat menuntut mereka.

2. Bidang Komputer

  • Penyimpanan file aplikasi bajakan, yang dapat di download oleh orang lain, hal ini mengakibatkan perusahaan software atau programer menjadi malas berkarya, karena takut program mereka di bajak.
  • Bagi para hacker hosting gratis ini sebagai media untuk melancarkan usaha mereka, yaitu dengan mengupload sebuah file aplikasi yang didalamnya telah disuntikkan program virus, malware, spayware, worm, torjan dll, sehingga orang yang mendownload file tersebut dan menginstallnya di komputer mereka akan terinfeksi oleh virus tersebut, dan mereka siap melancarkan aksi mereka selanjutnya.

3. Bidang Ekonomi

Dampak dari hosting gratis sebagai media penyimpanan file ini terasa sekali bagi bidang ekonomi antara lain contohnya :

  • Penjualan kaset musik, video, dan software menurun drastis, sebab setiap orang dapat mendownload lagu, video dan software tanpa harus membeli. Akibatnya selain distributor rekaman, dan penyanyi, pedagang resmi untuk menjual kaset original bangkrut.
  • Para programer bingung, ketika mereka memasarkan hasil karya mereka, dan banyak orang yang tidak melirik hasil karya mereka karena banyaknya software gratis yang setara bahkan lebih bagus dari program yang mereka buat, hasilnya para programer tidak berdaya.

4. Penggunak Komputer

Pengguna komputer tidak sadar bahaya yang mereka peroleh dari mendownload program-program di hosting gratis, mungkin untuk para pakar komputer atau seorang IT tidak menjadi masalah untuk mendownload program dari hosting gratis, karena mereka tahu mengatasi masalah yang akan mereka hadapi, tapi untuk pengguna awam yang tidak memahami dunia it akan menimbulkan beberapa masalah bagi komputer mereka antara lain :

  • Komputer mereka dapat terinfeksi firus melalui software yang mereka download ketika mereka menginstall atau menggunakan software tersebut pada komputer mereka.
  • Dari komputer mereka bila seseorang mengcopy data, dan di buka di komputer orang lain maka komputer tersebut juga dapat terinfeksi virus.
  • Komputer mereka dapat di monitor oleh para hacker yang menyintikkan program spy melalui software yang mereka download, sehingga data dan prifasi mereka dapat diketahui hacker tersebut.

Melihat manfaat dan akibat dari Hosting gratis tersebut siapakah yang harus disalahkan? apakah harus menyalahkan :

  1. Websiter dan Bloger yang mengupload file di hosting gratis tersebut?
  2. Hosting gratis yang memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk menyimpan file mereka?
  3. Atau apakah menyalahkan pengguna Internet yang mau mendownload file gratis di hosting gratis tersebut?

Mari kita renungkan, dari kondisi ekonomi yang sangat sulit sekarang ini, siapakah yang tidak ingin yang gratis, sementara bila membeli semuanya serba mahal. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini semua, agar semua pihak sama-sama tidak di rugikan dan sama-sama di untungkan???  Bagaimana pendapat anda??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s